Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Macam macam Sakit Kepala dan Penyebabnya Perlu Diketahui

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya pusing atau sakit kepala. Ya, karena gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala umum yang dapat menyerang siapa saja. Nah, tahukah anda, bahwa sakit kepala sendiri terdiri dari beberapa macam. Anda perlu mengenal macam macam sakit kepala dan penyebabnya tersebut untuk tahu bagaimana cara menanganinya dengan cepat.



Paling umum jenis jenis sakit kepala yang terjadi adalah migrain, sakit kepala tegang dan sakit kepala cluster. Anda mungkin tidak asing dengan istilah migrain, tapi bagaimana dengan jenis sakit kepala lainnya? Mungkin ada yang belum Anda kenali. Nah, pada kesempatan ini kita akan cari tahu macam macam sakit kepala dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Yuk simak.

 

Mengenal Macam macam Sakit Kepala dan Penyebabnya Perlu Diketahui


1.                   Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang nyerinya bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan sampai beberapa hari paling lama. Nah, migrain ini sendiri ditandai dengan adanya nyeri pada kepala hanya di bagian satu sisi kepala saja. Saat mengalami migrain juga bisa diikuti dengan mual, muntah dan umumnya menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau suara bising.

Apa penyebab migrain? Nah, sebenarnya penyebab migrain ini sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, menurut beberapa survei ada beberapa hal yang memang memicu serangan migrain misalnya stress, kurang tidur, kelelahan, kebiasaan merokok sampai dengan mengonsumsi minuman beralkohol yang tidak baik bagi kesehatan.

 

2.                   Sakit kepala cluster

Berikutnya, ada jenis penyakit sakit kepala cluster yang sebenarnya sama seperti migrain merupakan sakit kepala yang terasa hanya di bagian salah satu sisi kepala saja. Namun ada perbedaan diantara dua jenis sakit kepala ini yakni kalau sakit kepala cluster, ini terjadi secara tiba tiba dan cenderung area sekitar mata atau belakang mata terasa nyeri.

Serangan sakit kepala cluster ini dapat terjadi sekitar 15 menit sampai dengan 3 jam. Rasa nyerinya bisa sangat tidak tertahankan bahkan bisa membangunkan penderitanya dari tidur loh. Tidak hanya nyeri di kepala, namun beberapa gejala lain yang bisa ikut muncul adalah mata merah, bengkak dan berair. Sakit kepala ini bisa jadi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol.

 

3.                   Sakit kepala tegang.

Nah, selanjutnya ada sakit kepala tegang. Berbeda dengan jenis sakit kepala yang sudah kita bahas sebelumnya, sakit kepala yang ini dapat membuat si penderita merasakan nyeri sekaligus di dua sisi kepala. Bahkan rasa nyerinya bisa sampai ke belakang mata dan leher. Rasa sakit yang dirasakan bisa seperti sedang terlilit kencang oleh sebuah tali.

Apa faktor jenis sakit kepala ini? Sakit kepala tegang bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan. Ya, malah stres lah yang menjadi pemicu utama timbulnya sakit kepala tegang hingga 30 menit sampai beberapa hari. Biasanya seseorang yang sedang mengalami sakit kepala tegang ini, pasti merasa terganggu, namun ia masih bisa menjalani aktivitas sehari harinya.

 

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membantu kita untuk mengenal macam macam sakit kepala yang perlu Anda ketahui. Biasanya sakit kepala yang kita alami dapat berlangsung sampai beberapa jam hingga beberapa hari lamanya, ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Jadi kenali sakit kepala Anda dan segera lakukan penanganan yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Macam macam Sakit Kepala dan Penyebabnya Perlu Diketahui"